EVALUASI LAYANAN TI PADA DISKOMINFO KOTA PALEMBANG MENGGUNAKAN ITIL V3 2011 DAN COBIT 5

Fajar, Fahri Andi and Ricoida, S.T, M.T.I, Desy Iba (2014) EVALUASI LAYANAN TI PADA DISKOMINFO KOTA PALEMBANG MENGGUNAKAN ITIL V3 2011 DAN COBIT 5. STMIK MDP.

[img]
Preview
Text
78Jurnal_fahriandifajar_2010240070.pdf

Download (297Kb) | Preview

Abstract

Peningkatan peran TI berbanding lurus dengan peningkatan investasi yang diiringi juga dengan peningkatan pengeluaran biaya yang besar. Indikator keberhasilan implementasi TI berupa layanan yang prima yaitu handal, available, cepat, dan akurat. Dengan perencanaan tata kelola TI yang matang diharapkan pelaksanaan layanan TI dapat dilakukan dengan baik dan perwujudan good IT Governance. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi layanan TI di Diskominfo kota Palembang dalam rangka meningkatkan kepuasan terhadap layanan TI tersebut. Untuk evaluasi layanan TI digunakan ITIL V3 2011 dan COBIT 5 dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Hasil penelitian ini berupa hasil analisis kondisi 26 proses dalam kelima Service Lifecycle pada kerangka kerja ITIL V3 2011 di Pengembangan Komunikasi dan Informatika serta penilaian tingkat capability 18 proses-proses TI di COBIT 5 yang berkaitan dengan layanan TI, melakukan dan prioritasi proses-proses TI COBIT 5, serta memberikan rekomendasi bagi Diskominfo kota Palembang khususnya Bidang Pengembangan Komunikasi dan Informatika.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Tata Kelola Teknologi Informasi, COBIT 5, ITIL V3 2011, Pelayanan TI.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: STMIK GI MDP > Sistem Informasi
Depositing User: Nur Rachmat
Date Deposited: 20 Mar 2014 04:44
Last Modified: 20 Mar 2014 04:44
URI: http://eprints.mdp.ac.id/id/eprint/1055

Actions (login required)

View Item View Item