Penerapan Algoritma Fuzzy Logic Sugeno dan Algoritma A* pada Game Battle City

Attoriq, M. Rio and Anggara, Fajar and Selva Jumeilah, Fithri Penerapan Algoritma Fuzzy Logic Sugeno dan Algoritma A* pada Game Battle City. STMIK MDP.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (336Kb) | Preview

Abstract

Game Battle City permainan yang mengendalikan tank untuk melindungi base dari tank musuh yang akan menghancurkan base. Permaian Battle City sebelumnya, player dengan mudah membaca pergerakan Non-Playalbe Character (NPC) dikarenakan game tersebut belum menggunakan Artificial Intelegent (AI). Penelitian ini menerapkan algoritma fuzzy logic sugeno pada permainan battle city untuk membuat prilaku komputer menjadi susah ditebak pada saat bermain, dan menerapkan algoritma A* untuk mencari jalur terpendek menuju base. Game ini dibangun dan dirancang menggunakan unity 3D dan menggunakan metodologi prototype. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode blackbox dan metode whitebox. Hasil uji dari 30 data sampel uji algoritma fuzzy logic sugeno menunjukan bahwa tingkat keberhasilan menentukan prilaku NPC sebesar 100%. Hasil uji dari 30 data sampel uji algoritma A* menunjukan bahwa tingkat keberhasilan mencari jalur terpendek sebesar 100% pada permainan Battle City

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Algoritma fuzzy logic sugeno, Algoritma A Star (A*), Unity 3D, Prototype.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: STMIK GI MDP > Teknik Informatika
Depositing User: Usniawati Kristin
Date Deposited: 21 Jul 2016 10:10
Last Modified: 21 Jul 2016 10:10
URI: http://eprints.mdp.ac.id/id/eprint/1851

Actions (login required)

View Item View Item