PENINGKATAN DAYA SAING MELALUI STRATEGI PRODUK DAN PROMOSI PADA UKM KERUPUK KEMPLANG DI SEBERANG ULU I PALEMBANG

Budi Lestari, Retno and Widagdo, Herry and Ayu Pramuditha, Charisma PENINGKATAN DAYA SAING MELALUI STRATEGI PRODUK DAN PROMOSI PADA UKM KERUPUK KEMPLANG DI SEBERANG ULU I PALEMBANG. PROSIDING SEMINAR NASIONAL AVOER 8.

[img]
Preview
Text
Avoer8 2016 - PENINGKATAN DAYA SAING MELALUI STRATEGI PRODUK DAN PROMOSI PADA UKM KERUPUK KEMPLANG DI SEBERANG ULU I PALEMBANG.pdf

Download (619Kb) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi produk dan promosi bagi usaha kerupuk kemplang dalam upaya untuk meningkatkan daya saing. Manfaat penelitian adalah dapat meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan pendapatan bagi pemilik usaha kerupuk kemplang. Teknik penarikan sampel adalah purpossive sampling dengan pertimbangan lokasi yang berdekatan dan permasalahan yang dihadapi responden. Responden dalam penelitian adalah usaha kerupuk kemplang milik Ibu Devi Indriyani dan Ibu Nyimas Atika. Permasalahan yang dihadapi oleh responden adalah penggunaan alat potong manual pada proses produksi yang menyebabkan ketebalan kemplang tidak sama. Kualitas produk masih kurang baik, disebabkan karena proses penirisan minyak goreng yang tidak sempurna. Selama ini responden belum memiliki merek, dan sistem penjualannya masih menunggu reseler yang datang. Untuk menyelesaikan masalah di atas,maka perlu implementasi strategi produk dan strategi promosi. Strategi produk dilakukan dengan penerapan teknologi yaitu penggunaan alat pemotong kemplang yang dapat diatur ketebalannya, dan alat peniris minyak. Strategi promosi dilakukan dengan membantu responden untuk aktif menggunakan media sosial seperti Facebook, instagram, dan bukalapak. Strategi pemerekan (branding) melalui perancangan merek dan ditempatkan pada kemasan, kartu nama usaha dan papan nama usaha bertujuan untuk memperkenalkan merek responden. Implementasi strategi ini diharapkan merek responden dapat dikenal luas, sehingga dapat meningkatkan omset penjualan memperluas jangkauan pemasaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan daya saing.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: STIE MDP > Manajemen
Depositing User: Usniawati Kristin
Date Deposited: 02 Oct 2017 01:59
Last Modified: 02 Oct 2017 01:59
URI: http://eprints.mdp.ac.id/id/eprint/2231

Actions (login required)

View Item View Item