Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Minuman Berisotonik Pocari Sweat

Getrycia, Wanda (2013) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Minuman Berisotonik Pocari Sweat. STIE MDP.

[img]
Preview
Text
jurnal 2009200041 wanda getrycia.pdf

Download (397Kb) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk minuman isotonik Pocari Sweat baik secara simultan maupun parsial dan faktor manakah dari ketiga variabel tersebut yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian menggunakan jenis data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini berupa kuesioner yang disebar dengan teknik nonprobability sampling kepada 100 responden yang pernah membeli atau mengkonsumsi Pocari Sweat, sedangkan data sekunder berupa data jumlah penduduk kota Palembang yang diperoleh dari BPS. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi berganda, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis (uji F dan uji t). Hasil yang dicapai menunjukan bahwa harga, kualitas produk, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian karena nilai F hitung (13,811) > F tabel (2,70) dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 (P value < 0,05). Analisis koefisien determinasi menunjukan angka sebesar 0,280 atau sama dengan 28% yang artinya harga, kualitas produk, dan promosi hanya mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 28%, sedangkan sisanya sebesar 72% kemungkinan dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial, hanya kualitas produk yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Pocari Sweat. Hal ini dapat dibuktikan dengan menggunakan taraf signifikansi sebesar 0,05 diperoleh nilai t tabel (1,98498) dan t hitung (4,376) artinya t hitung (4,376) > t tabel (1,98498) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 (P value < 0,05). Kesimpulan yang didapat bahwa harga, kualitas produk, dan promosi dapat mempengaruhi keputusan pembelian produk. Perusahaan disarankan untuk terus berinovasi dan melakukan perbaikan pada strategi pemasarannya agar dapat mendorong konsumen untuk mencoba dan melakukan pembelian produk, membentuk citra merek yang positif dalam jangka panjang serta menimbulkan loyalitas konsumen.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: harga, kualitas produk, promosi, keputusan pembelian
Subjects: Q Science > QS Economics
Divisions: STIE MDP > Manajemen
Depositing User: Nur Rachmat
Date Deposited: 09 Apr 2013 02:37
Last Modified: 09 Apr 2013 02:37
URI: http://eprints.mdp.ac.id/id/eprint/747

Actions (login required)

View Item View Item