Perbandingan Metode Sobel, Metode Prewitt dan Metode Robert Untuk Deteksi Tepi Objek Pada Aplikasi Pengenalan Bentuk Berbasis Citra Digital

Apriyana, Apriyana and Maharani, Delta Sri (2013) Perbandingan Metode Sobel, Metode Prewitt dan Metode Robert Untuk Deteksi Tepi Objek Pada Aplikasi Pengenalan Bentuk Berbasis Citra Digital. STMIK MDP.

[img]
Preview
Text
JURNAL Apriyana dan Delta.pdf

Download (258Kb) | Preview

Abstract

Deteksi tepi merupakan langkah pertama untuk melengkapi informasi di dalam citra dimana tepi mencirikan batas- batas objek dan karena itu tepi berguna untuk proses segmentasi dan identifikasi objek dalam citra. Ada banyak metode dalam deteksi tepi, namun dalam hal ini metode yang diambil yaitu metode Sobel, metode Prewitt, metode Robert untuk deteksi tepi objek pada citra. Dalam sistem ini akan diterapkan ketiga metode tersebut untuk meningkatkan penampakan garis batas suatu objek dalam citra. Tujuan dan manfaat aplikasi ini adalah untukmengukur tingkat pengenalan hasil deteksi tepi serta menggunakan ketiga metode tersebut pada aplikasi pengenalan bentuk objek dan untuk memperoleh informasi awal mengenai fitur deteksi tepi untuk pengenalan objek bagi penelitian selanjutnya. Aplikasi yang dibangun efektif diterapkan untuk mengenali suatu bentuk bangun datar (lingkaran, segitiga, dan persegi) dari suatu objek dengan lingkup dua dimensi berjenis image.JPEG 500x500 piksel tanpa backgrounddimana nantinya dapat membandingkan keakuratan atau selisih akurasi dari hasil pengenalan bentuk dari ketiga metode yang diterapkan. Metode Prewit memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dari kedua metode lainnya dalam pendeteksian tepi dan pengenalan bentuk bangun dua dimensi.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Deteksi Tepi, Sobel, Prewitt, Robert, Pengenalan Bentuk
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: STMIK GI MDP > Teknik Informatika
Depositing User: Nur Rachmat
Date Deposited: 11 Apr 2013 01:59
Last Modified: 11 Apr 2013 01:59
URI: http://eprints.mdp.ac.id/id/eprint/795

Actions (login required)

View Item View Item